Selasa, 25 Desember 2007

Al-Haur Bada al-Kaur

*Al-Haur Bada al-Kaur ( lemah/malas dalam beribadah setelah dulunya
semangat/rajin )
*
http://hidayatullah.com/index.php?option=com_joomlaboard&Itemid=79&func=view&catid=33&id=33166

Sesungguhnya fenomena berpaling dari komitmen pada agama ini sungguh telah
menyebar di kalangan kaum muslimin. Berapa banyak manusia mengeluh akan
kerasnya hati setelah sebelumnya tentram dengan berdzikir pada Allah, dan
taat kepada-Nya. Dan berapa banyak dari orang-orang yang dulu beriltizam
(komitmen pada agama) berkata, "Tidak aku temukan lezatnya ibadah
sebagaimana dulu aku merasakannya" , yang lain bekata, "Bacaan al-qur?an
tidak membekas dalam jiwaku", dan yang lain juga berkata, "Aku jatuh ke
dalam kemaksiatan dengan mudah", padahal dulu ia takut berbuat maksiat.

Dampak penyakit ini nampak pada mereka, diantara ciri-cirinya adalah :
1. Mudah terjatuh dan terjerumus dalam kemaksiatan dan hal-hal yang
diharamkan (Allah), bahkan dia terus melakukannya padahal dahulu dia sangat
takut terjerumus kedalamnya.

2. Merasakan kerasnya hati, nasehat tentang kematian tidak berbekas sama
sekali dalam hatinya, demikian juga melihat jenazah dan kuburan.

3. Tidak mantap dalam beribadah, sehingga anda (akan mendapati orang seperti
ini) tidak menemukan "kelezatan" dalam menunaikan sholat, membaca al-Qur'an,
dan lainnya, serta malas (melakukan) ketaatan dan ibadah, bahkan
mengabaikannya dengan mudah, padahal ia dulu giat serta bersemangat
melakukannya.

4. Lalai dari berdzikir kepada Allah, serta tidak menjaga lagi dzikir-dzikir
syar'iyah (seperti dzikir pagi dan petang, pent) padahal dulu ia giat dan
bersemangat melakukannya.

5. Memandang rendah kebaikan dan tidak perhatian kepada amal kebajikan yang
mudah dilakukan padahal dulu dia orang yang paling teguh dan rajin.

6. Selalu dibayangi oleh rasa takut pada waktu tertimpa musibah atau
problematika, padahal dulu ia tegar serta teguh imannya kepada takdir Allah.

7. Hatinya cenderung kepada dunia dan sangat mencintainya hingga ia akan
merasa sangat sedih sekali jika ada sesuatu dalam kehidupan dunia ini yang
luput darinya, padahal dulu ia sangat terikat kepada akhirat dan kepada
kenikmatan yang ada di dalamnya, Allah Ta'ala telah berfirman :

"Tetapi kalian memilih kehidupan dunia, sedang kehidupan akherat adalah
lebih baik dan lebih kekal." ( al-A?la : 16-17 )

8. Terlalu berlebihan dalam memperhatikan kehidupan dunianya baik dalam
masalah makan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan kendaraan, padahal dulu
ia lebih mengutamakan untuk mempercantik akhlaqnya dan untuk komitmen serta
berpegang teguh pada agama.

Masih banyak lagi sebenarnya dampak penyakit ini. Dan sungguh Nabi r telah
berlindung dari al-Haur ba'da al Kaur. Dari 'Abdullah bin Sarjas a ia
berkata,
"Rasulullah r jika bepergian berlindung dari kesukaran perjalanan, kesedihan
saat kembali dan dari al-Haur ba'da al Kaur (lemah/malas dalam beribadah
setelah dulunya semangat/rajin) .?

Dalam riwayat at-Tirmidzi :
"... dan dari al haur ba'da al kaun..".
Berkata Nawawi, "Kedua hadits ini adalah hadits yang disebutkan oleh para
ahli hadist, ahli bahasa dan ahli gharibul hadits/lafadh asing dalam
hadits." (Syarh Muslim 9/119)

Lalu apakah makna al-Haur ba'da al-Kaur?
Ibnul Faris berkata : "al-Haur" artinya adalah : kembali, Allah berfirman :

"Sesungguhnya ia menyangka bahwa ia sekali-kali tidak akan kembali, tetapi
tidak..." (al-Insyqaaq : 14)

Orang Arab berkata :
Maknanya kebatilan itu kembali dan berkurang.

Jika dikatakan :
"Kami berlindung kepada Allah dari al haur.
Makna al-Haur adalah berkurang setelah bertambah. (Mu'jamu Maqayis al-Lughah
2/117)

Ibnu Mandzur menjelaskan dalam "Lisanul 'Arob" (4/217), ia berkata : "Dan
dalam hadits :
?Kami berlindung kepada Allah dari al Haur setelah al Kaur?
Maknanya adalah dari berkurang setelah bertambah, atau dari kerusakan urusan
kami setelah kebaikan.

At-Tirmidzi menafsirkan dengan perkataannya : "Dan makna perkataannya :
?al-Haur ba'da al-Kaun atau al-Kaur, kedua kata itu (al-Kaun dan al-Kaur)
mempunyai satu arti, yaitu kembali/berpaling dari keimanan menuju kekafiran,
dari ketaatan menuju kemaksiatan.? " (Sunan at-Tirmidzi 498/5)

Kalau begitu, makna al Haur ba'da al Kaur adalah perubahan keadaan manusia
dari iman kepada kekafiran, atau dari takwa dan kebaikan kepada perbuatan
rusak dan buruk, atau dari hidayah kepada kesesatan. Dan dalam hal ini
manusia berbeda-beda tingkatannya, maka jika seseorang mundur/berpaling ke
belakang dikhawatirkan ia menutup akhir kehidupannya dengan hal yang buruk.

Dan satu hal yang telah diketahui bahwa amal-amal (seseorang) dilihat pada
akhir kehidupannya, dari Sahl bin Sa'ad a, bahwa Nabi bersabda :
"Sesungguhnya seorang laki-laki dulunya beramal dengan amal penghuni neraka,
dan sesungguhnya ia adalah penghuni surga, dan ia dulu mengerjakan amalan
penghuni surga, padahal ia adalah penghuni neraka, sesungguhnya amal-amal
itu (tergantung) pada akhirnya." (HR. al-Bukhari 6607)

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah berkata :
"Sesungguhnya ada seseorang yang dia beramal dengan amalan penghuni surga
dalam jangka waktu yang lama tapi diakhir hayatnya dia melakukan perbuatan
penghuni neraka dan ada juga orang yang dahulunya berbuat perbuatan penghuni
neraka tapi dia akhiri hidupnya dengan perbuatan penghuni surga." (HR.
Muslim 2651 dan Ahmad).

Nash-nash hadits diatas dan selainnya menerangkan kepada kita bahwa yang
paling menentukan amal seseorang itu bukan dari apa yang dilakukannya semasa
hidupnya tetapi dalam keadaan bagaimana ia mengakhiri hidupnya.

Oleh karena itu pembahasan masalah ini sangat penting sekali, jangan sampai
ada seseorang diantara kita yang mengira ia telah sukses melalui jembatan
dan sampai di daratannya dengan aman disebabkan komitmennya terhadap agama,
serta selamat dari kesesatan dan dari al Haur ba?dal Kaur.

Keteguhan/kekokohan hanya dari Allah semata. Allah menguatkan/meneguhk an
nabi-Nya, Dia berfirman :
?Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati) mu, niscaya kamu hampir-hampir
condong sedikit kepada mereka?. (al-Isra? : 74)

Oleh karena itu Rasulullah r mengajarkan kepada kita agar kita memohon
pertolongan kepada Allah I agar Dia mengokohkan kita diatas agama Islam,
beliau r bersabda :
?Wahai yang meneguhkan hati, teguhkanlah hati kami diatas agama-Mu? (HR.
Ahmad dan Ibnu Majah)

Dan sering kali beliau r berkata tatkala bersumpah :
"Tidak, demi Dzat Yang Membolak-balikkan hati." (HR al-Bukhari 7391)

Diantara doa nabi r :
?Wahai yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami untuk taat kepadamu."
(HR Muslim 2654)

Seorang yang beriman harus berusaha memeriksa hatinya dan mengetahui
penyakit serta penyebab sakit hatinya, dan berusaha untuk mengobatinya
sebelum hatinya menjadi keras dan akhir hidupnya menjadi jelek. Maka apa
penyebab al-Haur ba?dal Kaur ? dan apa obatnya ?

Sebab-sebab al-Haur ba'dal Kaur adalah :
1. Lemah Iman.
Lemah iman adalah penyebab kerasnya hati, mudah jatuh dalam kemaksiatan dan
malas dari ketaatan, tidak mendapatkan pengaruh dari (membaca) al-Qur?an dan
shalat. Lemah iman juga mengurangi rasa takut dia kepada Allah I. Lemah iman
juga penyebab banyaknya terlibat debat dan berbantah-bantahan, tidak adanya
perasaan merasa bertanggung jawab kepada Allah I dan beberapa fenomena
lainnya. Hal ini juga disebabkan sikap menjauh dari teman yang shalih serta
majelis ilmu, dan tersibukkan dengan urusan-urusan dunia serta panjang
angan-angan, dan terjerumus dalam hal-hal yang di haramkan. Maka apabila
iman seseorang lemah, maka berubahlah keadaannya, dari hal yang baik &
istiqamah menjadi tersesat dan berpaling. Maka suatu keharusan (bagi seorang
muslim yang merasakan lemahnya iman) untuk mengobatinya. Caranya adalah
dengan ikhlas (kepada Allah) dan membaca serta merenungkan al-Qur?an
kemudian takut kepada (siksaan) Allah I dan bertaubat dari dosa,
kemaksiatan, takut terhadap akhir kesudahan yang buruk serta mengingat mati
dan akhirat.

2. Jauh Dari Suasana Yang Penuh Dengan Keimanan.
Seperti majelis ilmu, masjid, al-Qur?an, teman yang shalih, shalat malam,
dzikir dan lainnya. Jauh dari suasana yang penuh keimanan ini akibatnya
adalah berbalik kebelakang (kembali kepada kemaksiatan) . Maka apabila
seseorang jauh dari temannya yang shalih dalam waktu yang lama lantaran
bepergian jauh atau suatu tugas atau semisalnya ia akan kehilangan suasana
yang penuh keimanan yang mengakibatkan lemahnya iman dan tidak iltizam lagi,
apabila ia tidak segera memperbaiki jiwanya.

Berkata al-Hasan al-Basri : ? Teman-teman kita lebih mahal (nilainya)
dibanding dengan keluarga kita, (hal ini disebabkan) karena keluarga kita
hanya mengingatkan kita kepada dunia, sedangkan teman-teman kita
mengingatkan kita kepada akhirat?. Maka selayaknya seorang muslim menjaga
komitmennya terhadap agama dengan cara bersungguh-sungguh dan berusaha
menjumpai lingkungan yang penuh keimanan.

3. Pengaruh Lingkungan (Yang Jelek)
Jika seorang yang beriltizam berada ditengah lingkungan jelek, yaitu ia
hidup bercampur dengan manusia yang bangga dengan kemaksiatan yang
dilakukannya dan asyik berdendang dengan lagu-lagu & nyayian, merokok,
membaca majalah, lidahnya menggunjing & mencela orang yang beriman, dan
apabila ia menghadiri suatu majlis undangan atau acara pernikahan
(dikalangan mereka), didapatinya kemungkaran, pembicaraan- pembicaraan
mengenai perdagangan, jabatan, harta serta masalah-masalah dunia yang
mengakibatkan terjatuhnya hati dalam cinta yang mendalam pada dunia, jika
demikian keadaannya maka hati berubah menjadi keras, dan akhirnya berbalik
dari komitmen terhadap agama dan kebaikan kepada cinta dunia dan
kemaksiatan.

Dan apabila ia diuji dengan harta, dengan istri yang lemah imannya atau
anak-anak yang sama dengan ibunya dia tidak mampu teguh bahkan mundur dan
meninggalkan kebaikan dan keistiqomahan. Jika dia berkumpul dengan keluarga,
tetangga dan teman-temannya yang jelek, mendengar kata-kata yang
menyakitkan, ejekan, dan mendapatkan nasehat-nasehat yang menghalanginya
untuk beriltizam, maka akibatnya ia mundur dari beriltizam dan berbalik
hingga merugi di dunia dan di akhirat.

4. Lemah Dalam Pendidikan Yang Benar (Sesuai Agama).
Jika seorang muslim tidak menjaga dirinya dengan pemeliharaan, pendidikan
dan perjuangan, ia akan mundur dan berbalik. Maka ia harus meluangkan
waktunya sesaat untuk bertaqarrub/ mendekatkan diri kepada Allah,
menginstropeksi dirinya, mohon ampun dan bertaubat. Dan ia harus meluangkan
waktu untuk mendapatkan ilmu agama, mempelajarinya, membacanya dan
mengulangi pelajarannya. Dan ia harus meluangkan waktunya sesaat untuk
berdakwah, sesaat untuk berdzikir dan membaca al-Qur'an, hingga ia dapat
menjaga amalannya itu.

5. Memandang Remeh Dosa-Dosa Dan Perbuatan Maksiat.
Abdullah bin Mubarak berkata :
Aku melihat dosa-dosa itu mematikan hati,
Mengerjakannya terus-menerus menimbulkan kehinaan
Adapun meninggalkan dosa adalah kehidupan bagi hati
Dan mendurhakai dosa adalah baik bagi jiwamu

Ibnul Qayyim v berkata :
"Sesungguhnya diantara dampak negatif dosa adalah melemahkan perjalanan hati
(seseorang) menuju negeri akhirat atau menghalanginya atau memutuskannya
dari perjalanan itu. Dan kadang kala dosa juga bisa memutar balikkannya ke
arah belakang (maksiat dan kekufuran). Hati itu akan berjalan menuju Allah
dengan kekuatannya, jika hati itu sakit lantaran dosa-dosa lemahlah kekuatan
yang menjalankannya" . (al-Jawabul Kahfi hal 140)

Meremehkan dosa-dosa akan berdampak buruk bagi seseorang, diantaranya
menyebabkan bertambahnya dosa, menjauhkan seseorang dari jalan taubat, dan
mengajak untuk tidak menjauh dari pelaku dosa. Lalu ia akan asyik bersahabat
dan duduk bersama mereka (para pelaku dosa dan maksiat). Bahkan dosa-dosa
tersebut mengajaknya untuk menjauh dari orang shalih dan bertaqwa. Dan ini
adalah penyebab utama seseorang tidak istiqomah di atas jalan yang lurus.

6. Tertipu Dan Kagum Terhadap Diri Sendiri
Tidak diragukan lagi bahwa menghadiri majelis ilmu dan berteman dengan orang
shalih menunjukkan bahwa pada diri orang tersebut terdapat kebaikan, akan
tetapi jika telah masuk perasaan tertipu dan bangga terhadap diri sendiri
maka hal ini akan memberi pengaruh jelek terhadap pelakunya. Jika sudah
demikian, ia akan merasa telah sempurna dan tidak merasa butuh berbuat
kebaikan dan beramal shalih lagi. Dan jika seseorang telah kagum terhadap
dirinya sendiri maka akan hilang dari dirinya perasaan takut terhadap akhir
kesudahan yang jelek dan ia akan merasa aman terhadap kesesatan setelah
mendapatkan petunjuk. Hal ini merupakan tanda lemahnya hati dan penyebab
seseorang itu mundur kebelakang tidak istiqamah lagi.

Jika seseorang kagum terhadap dirinya ia akan tersibukkan dengan mencari
aib-aib orang lain dan menyepelekan untuk memperbaiki aib dalam dirinya.
Maka seseorang harus mengobati jiwanya dengan membuang rasa bangga terhadap
diri sendiri kemudian bersikap tawadhu?, takut serta memperbaiki aibnya dan
bertaubat kepada Allah Ta?ala.

7. Berteman Dengan Orang-Orang Jahat
Seorang teman mempunyai peranan penting dalam membentuk serta mempengaruhi
kepribadian sahabatnya. Jika seorang teman melihat film-film dan
majalah-majalah yang memberikan mudharat/bahaya (bagi agamanya),
mendengarkan lagu-lagu dan musik, maka ia akan mempengaruhi sahabatnya. Dan
terkadang hal-hal yang dilakukan temannya menyelisihi syariat agama tapi ia
berbasa-basi dan tidak mengingkarinya, terkadang ia melihat temannya tidak
taat beribadah dan meninggalkan sunnah-sunnah nabi, maka ia pun terpengaruh
dan meninggalkan keistiqamahannya.

Oleh karena itu seseorang harus memilih teman yang shalih yang membantunya
untuk taat kepada Allah, dalam hadits yang shahih disebutkan bahwa :
"Seseorang itu mengikuti agama temannya, maka hendaknya seseorang melihat
siapa temannya".

8. Ada sebab-sebab lainnya yang menyebabkan seseorang meninggalkan
keistiqomahan, diantaranya :
# Lemahnya kesungguhan dalam berpegang teguh (terhadap agama) dan tidak
sabar atas kesulitan-kesulitan dan musibah yang menimpanya.
# Panjang angan-angan, berlebih-lebihan dalam menerapkan hukum agama
terhadap dirinya diluar batas kemampuan (ekstrim).
# Penyakit-penyakit hati dan lisan yang menimpanya.
# Kepribadian yang lemah dan sikap selalu mengekor kepada orang lain.
# Kegagalan-kegagalan yang menimpa pada masa lalu dan dia sulit keluar
darinya.

Lalu Bagaimana Cara Penyembuhannya?
Disaat kita menyebutkan hal-hal yang menyebabkan ketidak istiqamahan, kita
juga menemukan cara-cara untuk mengobatinya :
Lemah iman obatnya adalah menguatkan keimanan. Penyakit menjauhi dari
lingkungan yang penuh dengan suasana keimanan obatnya adalah mencari dan
menjaga serta meningkatkan lingkungan yang penuh dengan suasana keimanan.
Penyakit yang disebabkab oleh lingkungan (yang jelek) obatnya adalah sabar
serta menambah keistiqamahan dan bersandar kepada Allah. Lemah dalam
pendidikan yang benar obatnya adalah bersungguh-sungguh dalam mencari
pendidikan yang benar sesuai dengan agama dan mengatur waktu serta
bersungguh-sungguh memperbaiki jiwa. Dosa-dosa dan maksiat obatnya adalah
taubat dan mohon ampun dan tidak meremehkan dosa-dosa tersebut.

Adapun penyakit hati dan lisan yang mengakibatkan perbuatan jelek maka
obatnya adalah membebaskan diri darinya dan dengan bertaubat yang benar.
Adapun teman yang jelek maka obatnya adalah memilih teman yang baik dan
shalih.

Adapula Cara Lainnya Untuk Mengobati Sikap Tidak Istiqamah
1. Ikhlas dan jujur kepada Allah, hal ini adalah sebab terpenting untuk
istiqamah dan menjadi baik:

Ibnul Qayyim berkata :
"Sesungguhnya yang mendapatkan kesulitan dalam meninggalkan maksiat yang
disukainya dan yang sering dilakukannya adalah seseorang yang
meninggalkannya bukan karena Allah. Adapun seseorang yang meninggalkan hal
tersebut dengan jujur, ikhlas dari hatinya karena Allah, ia hanya merasakan
kesulitan di awal kali ia meninggalkannya. Ini semua untuk mengujinya,
apakah ia jujur dalam meninggalkannya ataukah hanya berdusta, jika ia sabar
dalam menghadapi kesulitan ini sebentar saja, ia akan memperoleh
kelezatannya" . (Al-Fawaid : 99)

2. Takut kepada akhir kesudahan/kematian yang jelek (su?ul khatimah)
Seorang yang beriman dan jujur harus takut dari akhir kesudahan yang buruk,
dan waspada dari penyebabnya. Allah I berfirman :

"(Ya Allah) wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan
orang-orang yang salih". (Yusuf : 101)

Suatu malam Sufyan ats-Tsauri v menangis hingga subuh, tatkala ia ditanya,
ia menjawab :
"Sesungguhnya aku menangis karena takut su?ul khatimah / mati dalam keadaan
beramal buruk". (Kitabul aqibah, karya Abdul Haq al-Isbaili 178)
Al-Imam al-Barbahari v berkata :
"Dan ketahuilah, bahwa sepatutnya seseorang ditemani perasaan takut
selamanya, karena ia tidak mengetahui mati dalam keadaan bagaimana, dengan
amalan apa ia mengakhiri hidupnya, dan bagaimana ia bertemu Allah nantinya
sekalipun ia telah mengamalkan segala amal kebaikan. (Syarhu Sunnah 39)

Rasa takut dari akhir kesudahan yang buruk memiliki banyak dampak positif.
Perasaan ini akan mendorong seseorang untuk berserah diri kepada Allah I
serta menghadap kepada-Nya dengan selalu berdoa kepada-Nya. Perasaan takut
ini akan mengajaknya untuk bersungguh-sungguh dalam ketaatan dan menambah
sikap istiqamah dan kebaikan, dan takut dari berbalik mundur kebelakang.

3. Berdoa
Berdo'a kepada Allah agar melindungi kita dari "al-haur badal kaur". Nabi r
berdo?a :
"Dan kami berlindung dari al-haur badal kaur" (HR Ahmad dan Muslim 1343,
Tirmidzi, Nasai dan lainnya)

Nabi r juga banyak berdoa :
"Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati kokohkanlah hatiku diatas agama-Mu"
(HR Tirmidzi)

Kita juga diperintah untuk memohon kepada Allah I agar Dia memperbaharui
keimanan dalam hati kita, Rasulullah r bersabda :
"Sesungguhnya iman dapat menjadi usang dalam rongga (hati) kalian,
sebagaimana baju dapat menjadi usang, maka mintalah kepada Allah agar Dia
memperbaharui keimanan dalam hati kalian". (HR Hakim, terdapat juga dalam
as-silsilah as-Shahihah karya al-Albani no 1585), maka hendaknya kita
memperbanyak berdoa kepada Allah.

4. Kontinyu dalam beramal shalih dan memperbanyak amal shalih.
Sesungguhnya amal shalih yang dilakukan secara kontinyu oleh seseorang
adalah lebih disukai oleh Allah, sebagaimana sabda Nabi :
"Amal yang paling disukai Allah adalah yang kontinyu walaupun sedikit ...."
(Muttafaqun alaihi)

Jika seorang muslim kontinyu dalam beramal shalih sesungguhnya ia akan hidup
dalam kebaikan dan keistiqamahan, jika ia lemah dan tertimpa rasa putus asa,
maka amal-amal kebaikan yang ia lakukan secara kontinyu ini akan menjadi
tiang penyangga untuk istiqamah, mengembalikan jiwa (yang putus asa), dan
menguasai jiwanya. Maka sepatutnya bagi seorang muslim untuk memperhatikan
dalam mengerjakan amal-amal shalih beberapa perkara ini :
a. Bersegera dan berlomba-lomba dalam beramal shalih, Allah berfirman :
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga ..." (Ali
Imran : 133)

b. Dan terus beramal shalih serta menjaganya :
"Senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku (Allah) dengan amalan-amalan
sunnah hingga Aku mencintainya. .." (HR Bukhari 6137)

c. Lalu bersungguh-sungguh dalam beramal shalih dan memperbanyaknya kemudian
bervariasi dalam beramal shalih supaya tidak membosankan jiwanya.

5. Ibnu Mas'ud berkata :
?Dahulu Nabi r tidak terus menerus dalam memberi nasehat lantaran khawatir
kejenuhan menimpa kami". (Bukhari 68)

Maka seorang muslim harus mengambil bagian untuk duduk dalam majelis ilmu
yang memberikannya nasehat, dan dibacakan kepadanya kitab-kitab tentang hal
itu.

6. Ada juga cara lain untuk mengobati fenomena ketidak istiqamahan ini,
diantaranya :
Berdzikir kepada Allah, merenungkan kehinaan dunia, mengoreksi diri, beramal
dan aktif berdakwah.

Akhirnya segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Kita berlindung kepada
Allah dari al-Haur ba'dal Kaur.

"Ya Allah (yang membolak-balikkan hati). Tetapkanlah hati-hati kami untuk
selalu ta?at kepada-Mu. Dan wafatkanlah kami dalam keadaan Husnul Khotimah."

Tidak ada komentar: